1.15.2014

Membangun Pegawai Negeri Sipil Bidang Lingkungan Hidup Yang Profesional dan Produktif



 
Pegawai Negeri Sipil Bidang Lingkungan  Hidup (ilustrasi)
Kecenderungan penurunan kualitas lingkungan hidup yang terjadi dewasa ini menuntut Pegawai Negeri Sipil yang profesional dan produktif. Salah satu pertanda dari gejala penurunan kualitas lingkungan ini adalah semakin maraknya pencemaran pada media lingkungan seperti air, udara dan tanah. Pencemaran ini merupakan salah satu konsekuensi seiring laju pembangunan dengan sektor ekonomi sebagai tulang punggung. Indonesia yang berada pada garis katulistiwa, dengan segala potensi yang dimiliki berada pada kondisi yang sangat rawan dampak perubahan iklim global. Dampak yang dapat terjadi dari perubahan iklim tersebut antara lain dapat berupa turunnya produksi pangan, terganggunya ketersediaan air, tersebarnya hama dan penyakit tanaman serta penyakit manusia.
Sebagai salah satu upaya membangun Pegawai Negeri Sipil yang profesional dan produktif pada bidang urusan lingkungan lidup dapat dilaksanakan melalui analisis jabatan yang sistematis. Analisa Jabatn ini  berusaha merumuskan informasi jabatan yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan organisasi. Analisis Jabatan menurut definisi merupakan proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan penyusunan data jabatan menjadi informasi jabatan.
Sebagai landasan untuk melaksanakan analisis jabatan pada bidang urusan lingkungan hidup, perlu memperhatikan visi dan misi satuan kerja perangkat daerah, struktur organisasi, tata kerja, tugas pokok, dan fungsi, serta sumber data lainnya. Sumber data lainnya dapat berupa rencana kerja, laporan pelaksanaan pekerjaan, dan informasi kepegawaian lainnya sebagai sumber data yang berperan dalam penyusunan uraian jabatan dan syarat jabatan.
Analisis jabatan ini perlu dilakukan untuk menjamin objektifitas, transparansi, dan kesesuaian antara tuntutan tugas dalam jabatan pada bidang urusan lingkungan hidup dengan pegawai yang telah dan akan menduduki jabatan pada instansi tersebut. Selain itu hasil analisis jabatan yang berupa informasi jabatan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kelembagaan, ketatalaksanaan, dan pengembangan karir kepegawaian pada satuan kerja perangkat daerah ini. Lebih lanjut diharapakan dengan analisa jabatan diharapakan kinerja institusi sebagai pelaksana urusan pemerintah bidang lingkungan hidup bidang akan semakin meningkat (*_*).

Tidak ada komentar: