1.12.2015

Harumnya Kembang Setaman di Halaman Sebuah Hunian

Mawar/Rose sp (doc pribadi)

Kembang setaman di halaman rumah merupakan salah satu ornamen taman yang sangat menakjubkan.  Semerbak aroma bunga yang menyebar di sekeliling kebun rumah akan memberikan satu pengalaman yang menyenangkan. Dalam beberapa kasus, harumnya kembang setaman sedemikian semerbak hingga menyapu setiap sudut rumah, berlaku layaknya pengharum ruangan nan alami.
 
Sebagian besar tanaman yang menghasilkan bunga yang harum, mekar disiang hari manakala matahari bersinar penuh. Tanaman seperti Cempaka Putih (Magnolia alba), Cempaka Kuning (Magnolia champaca), Mawar/Rose atau Melati/Jasmine adalah beberapa contoh dari kelompok ini. Contoh lain adalah Bunga Kamboja (Plumeria hybrids), Bunga Cipiring/gardenia (Stemmadenia litoralis), Bunga Bakung/lily (Crinum asiaticum), Bunga Jeruk (Citrus sp), Anggrek (Ochideae) dan teratai/water lily (Nymphia hybrids). Sebagian lainnya mekar manakala senja menyapa, ataupun di malam hari seperti Bunga Sedap Malam/Night bloom jasmine (Cestrum mocturnum) dan Bunga Kopi (Coffea Arabica) . Beragamnya waktu mekar bunga tersebut, menjadi tantangan dan peluang tersendiri untuk memilih dan menggabungkan beberapa tanaman yang mekar secara bergantian mulai dari pagi, siang, senja hingga menjelang malam.
 
Demi hasil yang optimal dimana semerbak harum bunga menyebar diseluruh penjuru rumah, penanaman kembang setaman perlu mempertimbangkan kemana arah angin biasa berhembus. Selain itu dengan menanam berbagai jenis kembang setaman menjadikan kita merasakan berbagai aroma unik dari masing masing tanaman dan kombinasi antar tanaman tersebut merupakan parfum alami yang tiada duanya.
 
Menikmati semerbak harum bunga tidak melulu hanya dengan menyambangi tanaman tersebut di kebun yang kita punya. Cara lain bisa dilakukan dengan memetik bunga tersebut dan menyelipkan di rambut dan juga bisa ditaruh di kantong kita. Cara ini biasa dilakukan Gadis Bali dengan menyelipkan Bunga Plumeria/Kamboja di rambut mereka yang tergerai. Selain itu rangkaian kembang setaman juga dipakai sebagai sarana ibadah dalam masyarakat tertentu (ex. India), dan juga digunakan dalam pesta perkawinan. Bunga harum juga bisa kita petik dan dirangkai menemani waktu makan di meja makan, atau sekedar diletakkan di dasbor kendaraan.
 
Beberapa jenis tanaman lain tidak menghasilkan bunga yang harum, akan tetapi bagian lain dari tanaman seperti daun, batang, kulit batang maupun akar yang menghasilkan aroma semerbak. Karena sifatnya, tanaman tersebut menjadi salah satu komponen bumbu dapur, pelengkap dalam masakan kita. Tanaman seperti jahe, serai maupun kayu manis dan akar wangi adalah beberapa contoh kelompok tanaman ini.
www.maszoom.blogspot.com
Adapted by Mas Zoom in December, 2014 from Fragrant Plant, Kauai Nursery & amp; Lanscaping, Inc, 2011.

Tidak ada komentar: