1.30.2013

Pembalakan Liar, Sebuah Pengantar (Illegal Logging-The Series)




Peran penting hutan dalam usaha global untuk mengurangi emisi karbon tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Suatu hutan yang dalam keadaan sehat sangat vital dalam mengurangi konsentrasi karbon yang ada di atmosfer. Dilain pihak, perusakan hutan (deforestation) mempunyai andil besar terhadap 17 persen emisi karbon dunia, satu setengah kali lebih besar dari emisi yang dihasilkan lalu-lintas udara, air dan darat dijadikan satu.
 Praktik perusakan hutan dan pembalakan liar begitu marak terjadi di belantara hutan hujan tropis yang terbentang dari Amazone, Afrika Tengah sampai dengan Asia Tenggara. Kajian terbaru tentang praktik tersebut mempunyai andil antara 50-90 persen volume produksi kehutanan pada negara-negara produsen kayu utama dunia serta sekitar 15-30 persen produksi global (Interpol-Bank Dunia, 2009).
 Pada gilirannya pengurangan perusakan hutan, utamanya pembalakan liar adalah cara tercepat, paling efektif dengan kontroversi yang minimal dalam mengurangi emisi gas rumah kaca secara global.

(www.maszoom.blogspot.com adapted from UNEP)

Tidak ada komentar: