10.18.2013

Konsep Ecoliving, Menuju Sebuah Hunian Ramah Lingkungan


Konsep ecoliving merupakan cara pandang baru dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam dalam sebuah hunian. Dengan mengadopsi konsep Hunian Ramah Lingkungan, suatu bangunan rumah yang dirancang ramah lingkungan dapat tercapai efisiensi biaya, peningkatan produktivitas kerja dan tercipta lingkungan hunian yang bersih, sehat, aman dan nyaman. Hunian Ramah Lingkungan memiliki 3 aspek penting yaitu : (1) Perlengkapan dan peralatan hunian ramah lingkungan ; (2) Efisiensi Pemanfaatan Energi dan Air; dan (3) Pengolahan Sampah secara berkelanjutan.
Dari sini nampak nyata bahwa konsep ecoliving ini lebih dari sekedar membangun sebuah tempat tinggal yang ramah lingkungan. Esensi dari hunian ramah lingkungan adalah (perubahan) gaya hidup - bagaimana energi, air dan segala sumber daya yang ada termanfaatkan secara lestari dan berkelanjutan. Konsep ecoliving juga merujuk kepada berbagai kearifan lokal (local wisdom) yang telam lama berkembang. Salah satunya adalah pemilihan bahan bangunan dan bahan makanan yang diproduksi secara lokal.

Contoh dari penerapan konsep ini adalah pemilihan bahan bangunan seperti semen yang diproduksi dari perusahaan terdekat. Selanjutnya adalah pemilihan bahan konsumsi/makanan dari produk lokal seperti apel malang, alih alih apel washington. Kita harus sadar bahwa untuk mencapai meja makan kita, produk luar memerlukan energi yang sangat besar, salah satunya dalam proses distribus.


www.maszoom.blogspot.com
Adaptasi dari berbagai sumber
 

 


Tidak ada komentar: