4.16.2013

Empat Alasan Pemanasan Global Harus Kita Lawan (Part 2)

Bagian kedua tulisan ini mengupas lanjutan alasan kita harus mengkounter pemanasan global dari sisi konservasi sumber daya alam.

Dan pada kenyataanya ... Gambaran seram pemanasan global tidak seperti yang didengungkan. Pemanasan global menciptakan berbagai peluang (katanya dan kataku, pemanasan global menjadi justifikasi dan memberi peluang barat menguasai/mendikte berbagai kebijakan timur, salah satunya dalam upaya eksploitasi sumber daya alam). 

Lets ...cekidot!

1.             Konservasi sumber daya alam

Berbagai bukti tak terbantah menujukkan bahwa dunia mengahadapi krisis cadangan bahan bakar fosil (minyak dan gas), yang telah menjadi motor penggerak masyarakat modern dalam kurun satu abad terakhir. Pemanfaatan energi fosil telah mengurat-akar pada seluruh sendi kehidupan. Pemanfaatannya tidak terbatas pada penyediaan panas,cahaya dan listrik namun lebih dari itu energi fosil juga dimanfaatkan dan punya pengaruh besar pada sektor agrikultur, farmasi dan komunikasi. Secara langsung maupun tidak langsung sektor tersebut sangat bergantung kepada cadangan bahan bakar fosil, misalnya dalam penyediaan bahan baku plastik.

Sebuah studi menyebutkan, dunia sedang menanti sebuah fajar yang menandai lahirnya era baru yang merupakan bagian kedua dari zaman minyak bumi dimana komoditi yang sangat penting dalam era ekonomi modern ini menghadapi penurunan suplai akibat menipisnya ketersediaan. Banyak pengamat menilai, semakin sulit minyak bumi didapat, semakin tinggi harga yang harus dibayar untuk memperoleh komoditi ini. Untuk sekedar memperoleh komoditi ini, pasar rela berusaha lebih keras dan tidak jarang akan berusaha melakukan penimbunan sesuai kebutuhan dalam jangka beberapa tahun.

Kosumsi minyak yang tidak terbarukan dengan tren peningkatan dalam beberapa dekade terakhir akan sangat perdampak pada pemanasan bumi terkait akumulasi karbon dioksida yang diemisikan. Sebuah proyeksi menyebutkan, pada tahun 2030, konsumsi energi dunia akan 50 persen lebih besar dari hari ini. Kedaulatan energi umat manusia pada akhirnya hanya akan tercapai jika kita mau melakukan hijrah dari pemanfaatan energi fosil menuju berbagai energi alternatif lainnya.

Sebuah argumen lainnya dalam upaya kita menahan laju pemanasan global terkait erat dengan melonjaknya populasi penduduk dunia. Dengan lebih dari 7 milyar manusia, Bumi telah dipaksa hingga batas kemampuan untuk menyediakan berbagai kebutuhan warganya. Sebuah studi badan dunia yang menangani masalah  kependudukan menyebutkan berbagai cadangan sumber daya alam Bumi masih mampu memenuhi kebutuhan 9 milyar manusia, lebih dari itu kekayaan bumi akan terkuras dan populasi manusia menyusut dengan sendirinya membentuk suatu keseimbangan baru.

Seiring dengan peningkatan kesejahteraan, standar manusia akan pemenuhan berbagai kebutuhan juga berbanding lurus. Hal ini menjadi jelas bahwa tanpa upaya perubahan perilaku konsumsi kita, dengan segera berbagai cadangan sumber daya alam vital dunia seperti salah satunya mineral berharga (emas, tembaga, uranium) akan tandas tak tersisa (*_*).


contents adapted from The UN- Kick The Habits

Tidak ada komentar: