4.17.2013

Mengapa Pemanasan Global Harus Kita Lawan (Part 3 Tinjauan Aspek Kesehatan)


Bagian ketiga tulisan ini mengupas lanjutan alasan kita harus mengkounter pemanasan global. Kali ini pengaruh global warming dari sisi kesehatan terhadap umat manusia.

Dan pada kenyataanya ... Gambaran seram pemanasan global tidak seperti yang didengungkan. Pemanasan global menciptakan berbagai peluang (katanya dan kataku, pemanasan global menjadi justifikasi dan memberi peluang barat menguasai/mendikte berbagai kebijakan timur). 

Lets ...cekidot!

1. Perlindungan terhadap kesehatan umat manusia

Pemakaian bahan bakar fosil selain mengemisikan karbon dioksida juga menghasilkan residu berbagai gas berbahaya seperti sulfur oksida (SOx) dan nitrogen oksida (NOx) yang sangat merugikan kesehatan bahkan dapat menimbulkan kematian. Polusi udara telah memotong usia harapan hidup penduduk benua Eropa sebesar 8,6 bulan lebih pendek dan menyebkan hampir 310.000 penduduk meninggal terkait dengan  polusi.

WHO melaporkan bahwa hampir 3 juta penduduk dunia mati karena pengaruh polusi udara. Secara normal, orang yang sehat tidak akan menyadari potensi bahaya polusi udara ketika sengaja terpapar, akan tetapi respon anggota tubuh seperti paru-paru dan jantung menyibak apa yang sebenarnya terjadi. Polusi yang secara intens terjadi pada akhirnya merusak anggota tubuh yang sangat meugikan kesehatan.

Sumber polusi udara bisa berasal dari mana saja; sampah, kendaraan, pabrik maupun pembangkit listrik. Selain merugikan kesehatan, polusi juga merusak kawasan alami dengan terjadinya hujan asam maupun asbut/asap kabut (smog). Begitu besar polusi udara di kota-kota besar, hingga seorang pelari jarah jauh (Haile Gebreselassie) menolak untuk berpartisipasi dalam even sekelas Olimpiadi di Beijing tahun 2008. Hal ini terkait dengan tingginya tekanan polusi di kota ini, sebagian besar berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (*_*).


contents adapted from The UN- Kick The Habits

Tidak ada komentar: