4.15.2013

Empat Alasan Mengapa Pemanasan Global Harus Kita Lawan (1)

Seperti sudah diketahui bahwa global warming terjadi akibat meningkatnya kosentrasi gas rumah kaca yang diwakili oleh karbon dioksida dan beberapa gas lain di atmosfer. Gas-gas tersebut bersifat memantulkan dan menyerap radiasi sinar matahari, akibatnya bumi yang berselimut gas rumah kaca menjadi makin hangat dan manusia menjadi makin tidak nyaman dibuatnya.

Pemanasan global telah berimbas kepada seluruh aspek kehidupan manusia disegala penjuru mata angin. Karbon dioksida yang sebagian besar dihasilkan dari proses industri di Eropa dan Amerika telah membawa dampak yang lebih terasa bagi negara-negara miskin sub-sahara Afrika.

Mitigasi dan adaptasi menjadi salah satu kunci dalam mempertahankan bumi sebagai satu-satunya habitat ras manusia. Kelangsungan spesies manusia dimasa mendatang ditentukan perubahan perilaku kita dalam mensikapi pemanasan global. Paling tidak ada empat pilar yang memerlukan atensi penuh umat manusia terkait terjadinya pemanasan global.

Lets ... cekidot.

1.             Mempertahankan keseimbangan iklim  global

Gas rumah kaca telah membawa bumi pada suatu kondisi dimana cuaca tidak bisa diperkirakan sebagaimana beberapa dekade sebelumnya. Berbagai belahan dunia telah mengalami perubahan suhu menjadi lebih hangat. Akibatnya terjadi kekeringan berkepanjangan di berbagai negara, tidak hanya Afrika yang seakan sudah berlangganan, tapi juga sudah merambah ke China, Rusia bahkan Amerika sendiri.

Selain kekeringan, banjir dan cuaca ekstrim menjadi lebih sering terjadi, dan terkadang terjadi secara bersamaan dalam rentang wilayah yang berbeda. Manakala Australia menghadapi banjir yang sangat buruk, belahan Afrika sedang menghadapi kekeringan berkepanjangan dan Eropa serta Amerika sedang menghadapi cuaca panas mencapai lebih 500 C yang seakan memutus aliran nafas.Berbagai kondisi ini berdampak langsung pada stabilitas harga berbagai kebutuhan dan rantai ketersediaan suplai bahan pangan.

Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan hewan dan tanaman yang tidak mampu menyesuaikan akan binasa dengan sendirinya. Pemanasan global mengakibatkan es di kutub mencir dan membuat permukaan air laut akan semakin meningkat yang akan menenggelamkan kota-kota pesisir. Dunia akan mengalami perubahan tren pengungsi dari yang terkait perseteruan antar bangsa menjadi pengungsi gas terkait rumah kaca (*_*).


contents adapted from The UN- Kick The Habits

Tidak ada komentar: