4.19.2013

Mengenal Bagaimana Potensi Dampak Penting Sampah Medis Terhadap Lingkungan Hidup


Berkembangnya pusat-pusat layanan kesehatan di seluruh pelosok daerah merupakan keuntungan yang sangat penting bagi masyarakat kebanyakan. Pusat-pusat layanan kesehatan telah menjadi ujung tombak di garis depan dalam pertahanan melawan epidemi penyakit seperti AIDS, kolera, malaria maupun demam berdarah. Kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan tingkat kesejahteraan suatu kawasan. Akan tetapi, segala keuntungan tersebut juga sepadan dengan resiko dampak dari operasional kesehatan yang mungkin terjadi terhadap lingkungan.

Operasional pusat layanan kesehatan akan selalu menimbulkan sampah medis yang apabila tidak didukung perencanaan dan pengelolaan yang matang akan berpotensi menimbulkan dampak terhadap masyarakat dan lingkungan hidup. Sampah medis adalah suatu material yang sangat berbahaya. Tanpa operasioanal yang layak dalam penanganan, perlakuan dan pengolahan/ pembuangan, sampah medis justru berpotensi menimbulkan bahaya seperti tersebarnya penyakit, teracuninya penduduk sekitar, hewan piaraan dan hewan liar, tanaman bahkan seluruh ekosistem.

Sampah medis secara umum dibedakan menjadi tiga kategori berdasarkan sifat dan potensi dampaknya, yaitu : 1) sampah medis umum; 2) sampah medis berbahaya; dan 3) sampah medis sangat berbahaya. Masing- masing jenis sampah medis ini memerlukan penanganan dan perlakuan yang spesifik.
 
Dapetin penjelasan dari ketiganya dalam tulisan selanjutnya (to be continued ...)
 
www.maszoom.blogspot.com
Contents adapted from The USAID
 

Tidak ada komentar: