11.13.2014

Klasifikasi Sumber Pencemar Dalam Inventarisasi Sumber Pencemar Air

Instalasi Pengolah Air Limbah


Dalam inventarisasi sumber pencemar air diperlukan data dan informasi untuk mengenali dan mengelompokkan serta memperkirakan besaran  dari sumber pencemar air yang ada. Sumber pencemar air berdasarkan karakteristik limbah yang dihasilkan dapat dibedakan menjadi sumber limbah domestik dan sumber limbah non-domestik.
Sumber limbah domestik umumnya berasal dari daerah pemukiman penduduk. Sumber limbah non-domestik berasal dari kegiatan seperti industri, pertanian dan peternakan, perikanan, pertambangan, atau kegiatan yang bukan berasal dari wilayah pemukiman. Sumber limbah domestic dibedakan menjadi dua yaitu sumber tertentu (point source) yaitu sumber limbah domestic kawasan urban dengan system pembuangan terpadu  dan sumber tak tentu(diffuse source) yang berada di luar kawasan urban dan merupakan aliran limbah yang niasa ditemui di Indonesia.
Sumber limbah non domestic juga dibedakan menurut sifat sumbernya yaitu sumber tertentu (point source) dan sumber tak tentu(diffuse source). Aliran limbah yang berasal dari suatu kegiatan industry dan pertambangan dikategorikan sebagai Sumber limbah tertentu (point source). Sedangkan sumber limbah non domestic yang berasal dari kegiatan pertanian, peternakan, usaha kecil menengah dikategorikan sebagai sumber tak tentu (diffuse source). Pembagian sumber pencemar menurut jenis dan sifat ini akan sangat membantu dalam menentukan karakteristik sumber pencemar, sebagaimana disebut pada bagian awal.

Adaptasi dari Kemenlh RI
www.maszoom.blogspot.com

Tidak ada komentar: