8.10.2015

Menulis Proposal Tesis


Ilustrasi tesis(thesisprinting.ie)

Proposal tesis merupakan bentuk purwarupa dari tesis yang akan kita kembangkan yang merupakan salah satu syarat memperoleh gelar pascasarjana. Beberapa langkah diperlukan dalam penyusunan proposal tesis. Pertama kita harus mempunyai bagian bagian utama dari tesis tersebut sebagai sebuah produk dokumen ilmiah. Pada dasarnya, tulisan ilmiah berupa tesis akan memiliki beberapa bagian seperti pengantar atau latar belakang, Metoda penelitian, landasan pustaka dan seterusnya. Setelah kita menentukan titik berat masalah dan memberikan latar belakang informasi dalam pengantar, kita harus menyampaikan penjelasan secara detail perihal studi, desain eksperimen, rencana pengolahan data statistik maupun tools atau metoda yang dipakai dalam menyelesaikan masalah.
Akan tetapi dalam bagian hasil dan pembahasan harus dikombinasikan, dengan judul berupa “Rancangan Hasil dan Pembahasan”. Dalam bagian ini kita akan memperhatikan poin-poin penting penyelesaikan masalah seperti apa yang diharapkan setelah penelitian dilakukan. Dalam hal ini tidak ada batasan atau kungkungan bahwa prediksi hasil dan pembahasan dalam proposal tesis akan sama dengan tesis yang nantinya akan disusun.
Perlu diperhatikan bahwa karena ini adalah sebuah proposal, maka penulisan abstrak atau intisari bukanlah merupakan suatu keharusan. Lebih penting dari itu, bagian latar belakang atau tinjauan pustaka harus seluas dan selengkap mungkin dengan tetap memperhatikan petunjuk dan acuan dari program pascasarjana yang kita ikuti. Selain itu petunjuk atau manual penyusunan tesis juga memuat beberapa kaidah dasar penyusunan seperti marjin, spasi, jenis huruf maupun kaidah penulisan lainnya. Selanjutnya kaidah kaidah penulisan ini, dalam skala yang lebih besar akan menjadi acuan dari tesis yang akan disusun.
Terakhir, yang banyak menjadi pertanyaan dari kita yang akan menyusun proposal tesis adalah seberapa tebal dokumen proposal tesis yang harus kita siapkan agar riset kita dikategorikan berkualitas? Dalam kenyataanya, tidak ada batasan rigid pada berapa halaman sebuah proposal tesis harus disusun. Berdasarkan kebiasaan, adalah umum untuk menyusun sebuah dokumen rencana penelitian sebesar 6 (enam) sampai dengan 12 (dua belas) halaman. Perlu diingat bahwa tidak ada nilai batasan maksimum dan minimum jumlah halaman dalam hal ini.

Disarikan dari Hood Colledge Graduate School, 2011

Tidak ada komentar: